Rabu, 14 Desember 2011

INFRASTRUKTUR

Nilai Positif Jalan Tol
Menteri Kerja Raya Malaysia hadir di Cikampek , Jawa Barat saat pencanangan pembangunan Tol Cikampek – Palimanan sejauh 116 kilometer . PLUS Expressway merupakan pemegang saham mayoritas ruas jalan tol terpanjang di Indonesia . Dengan aksen Melayu yang sangat kental Menteri Kerja Raya Malaysia berpidato cukup bersemangat . Suatu hal yang sangat mengejutkan sekaligus menyindir Indonesia adalah saat Menteri mengungkapkan total panjang tol di Malaysia yang saat ini mencapai 1900km , padahal tahun 1980-an baru 219km.
Mengejutkan , karena panjang tol di Indonesia yang wilayahnya jauh lebih luas belum melebihi 800km. Ironisnya lagi, seperti di sampaikan Dirut PT. Jasa Marga , Malaysia belajar membuat jalaN tol dari tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi) yang dikelola Jasa Marga . Pembebasan Lahan merupakan hal paling krusial. Ruwetnya pembebasan lahan membuat Indonesia tertinggal dari Malaysia . Asa tertuju pada RUU pengadaan Tanah yang kata anggota DPR akan disahkan Bulan ini .
Mengapa percepatan pembebasan lahan untuk jalan Tol dinanti ? Karena jalan tol meningkatkan efisiensi dari mobilitas orang dan barang . Ada sebuah manfaat ekonomi.
Jakarta – Cirebon dalam kondisi normal ditempuh 4-5jam . Dengan Tol, waktu tempuh dipangkas menjadi 2,5 – 3 jam . Seperti halnya urusan ke Bandung dengan adanya tol Cipularang , pebisnis Jakarta akan dapat pergi – pulang mengurus bisnis di Cirebon . Dengan prasarana jalan tol yang mulus , minimal juga ada efisiensi penggunaan bahan bakar untuk kendaraan , mengirit rem , dan memperlama usia pakai ban .
Nilai positif lain yang kita dengar dari investor tol PT Lintas Marga Sedaya adalah akan ditanamnya 25000 pohon dari 80 jenis pohon . Penghijauan dapat menepis isu alih fungsi lahan pertanian . Meski pohon yang ditebang dapat diganti pohon baru , tetapi sawah yang diterabas belum diperjanjikan di cetak baru .
Bila kita lagi – lagi berpikir positif waktu tempuh kendaraan dari Jakarta – Cirebon yang menyamai kereta api harusnya mendorong PT KAI untuk merevolusi layanan kereta apinya . Entah lebih cepat atau lebih nyaman untuk bertahan .
Yang terpenting , pemda harus mengantisipasi terbangunnya tol. Raih peluang yang ada .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar