Minggu, 16 Maret 2014

Etika Menjadi Seorang Pramugari

Pekerjaan pramugari dan pramugara di pesawat terbang tak semudah yang dibayangkan. Mereka tidak hanya memandu para penumpang di dalam pesawat, tetapi juga harus menciptakan suasana perjalanan senyaman mungkin, apalagi perjalanan yang dilakukan jauh dari daratan. Karena itulah, dibutuhkan keahlian dan keterampilan khusus agar profesionalisme pramugari-pramugara tetap terjaga.

Banyak sekali  berbagai macam profesi dan jenis pekerjaan. Setiap jenis pekerjaan tentu memiliki suatu aturan yang berbeda antara satu dengan yang lain. Sekarang ini, saya ingin mengupas sedikit mengenai profesi pekerjaan sebagai seorang pramugari dan akan membahasa bangaimana kode etik profesi seorang pramugari.

Pengertian dari pramugari itu sendiri adalah seorang staf atau karyawan perusahaan penganngkutan umum baik udara, laut, dan darat yang bertugas untuk melayani para penumpang.  Walaupun pada awalnya dalam bahasa Indonesia, istilah pramugari ini diperuntukan untuk semua jenis pengangkutan umum, baik pesawat udara, kereta api, dan kapal laut, tetapi kemudian istilah ini mengalami penyempitan makna sehingga istilah pramugari disepadankan hanya untuk staf perusahaan penerbangan saja. Pramugari adalah sebutan untuk staf perempuan dan pramugara adalah sebutan untuk staf  laki – laki.

Pramugari yang bekerja pada bidang hal pelayanan jasa. Menjadi seorang pramugari yang bertugas memberikan pelayanan jasa penerbangan kepada para penumpang tentunya harus dapat menciptakan kesan awal dan kesan akhir yang baik terhadap maskapai tempat dimana pramugari tersebut bernaung. Pramugari yang bekerja pada bidang hal pelayanan jasa, tentunya memiliki kode etik yang hampir sama dengan kode etik pelayanan jasa lainnya. Untuk lebih jelas, mari kita bahas bersama – sama.

1.    Teliti
Sebelum penerbangan, pramugari memeriksa peralatan seperti alat pemadam kebakaran, pertolongan pertama dan tabung oksigen. Pramugari harus memastikan bahwa peralatan tersebut lengkap adanya disetiap kursi penumpang. Selain itu, pramugari akan memeriksa persediaan makanan dan minuman sebelum lepas landas.

2.     Ramah
Dalam kondisi hati yang tidak baik sekalipun, pramugari harus tetap bersikap ramah kepada para penumpang pesawat. Senyum, sapa dan salam merupakan hal wajib bagi pramugari. Ketika menyambuat para penumpang masuk kedalam pesawat, pramugari menyambut dengan sikap ramah dengan senyum manis. Karena pramugari – pramugari ini wajib menciptakan kesan pertama yang baik, kesan pertama merupakan hal yang penting.

3.     Sabar dan tegas.
Pramugari harus memiliki kesabaran yang tinggi dalam menghadapi berbagai macam latar belakang sifat dan pribadi penumpang yang berbeda – beda. Seringkali ditemukan penumpang yang masih saja belum memasang sabuk pengaman atau masih mengaktifkan dan mengoperasikan telepon genggamnya, padahal pesawat sudah siap untuk take off. Disinilah kesabaran dan ketegasan menjadi seorang pramugari harus ditunjukkan, dengan sabar dan tegas pramugari haruslah menegur penumpang tersebut. Dan dalam menegurnyapun pramugari harus tetap bersikap sopan dan santun. 

4.     Bekerjasama
Pekerjaan akan terasa lebih mudah bila dilakukan besama – sama. Salah satu hal tersulit adalah pada saat boarding. Pada saat itu penumpang secara bersamaan melakukan boarding barang – barang ke overhead bin pesawat. Walaupun proses boarding dapat dilakukan oleh penumpang itu sendiri.  Tetapi akan lebih pramugari membantu penumpang memasukkan barang di bagasi dan membantu kebutuhan khusus seperti anak-anak atau para manula.

5.     Koordinasi yang baik
Pramugari merupakan mata dan telingan bagi pilot. Karena pilot tidak dapat mengecek bagaimana situasi dan keadaan di area penumpang. Koordinasi dan komunikasi yang baik harus tercipta dengan baik antar awak pesawat. Contoh kecil namun fatal adalah misalkan ada penumpang yang masih berada di toilet padahal pesawat sudah bersiap – siap untuk take off, pilot tentu saja tidak akan tahu bahwa ada satu pesawatnya yang belum berada dikursi penumpangnya. Pramugari segera mengabari pilot bahwa masih ada satu penumpang yang di toilet sehingga pilot dapat menghentikan pesawat.

6.     Memperhatikan kenyamanan penumpang
Selama penerbangan, pramugari menawarkan minuman dan makanan ringan kepada penumpang. Pramugari akan melihat kenyamanan penumpang termasuk menjawab pertanyaan, membagikan headphone dalam penerbangan dan menawarkan selimut atau bantal. Dalam keadaan darurat, seorang pramugari akan mengarahkan penumpang dan mengelola pertolongan pertama yang diperlukan.

7.     Memastikan keselamatan penumpang
Berada di ketinggian yang tidak biasa, membuat sebagian penumpang merasa pusing bahkan mual. Pramugari membantu dengan memberikan obat kepada penumpang. Selain itu, bila kondisi pesawat tiba – tiba dalam keadaan yang kurang bagus, seperti turbulance, pendaratan darurat pramugari tidak boleh terlihat panik dan wajib menenangkan para penumpangnya. Pramugari wajib mendahulukan keselamatan para penumpang apabila pesawat dalam keadaan emergency.

8.     Salam dan terima kasih
Ketika pesawat bersiap landing, pramugari kembali memastikan semua penumpang dalam keadaan memakai sabuk pengamannya. Dan kembali koordinasi dengan pilot bahwa kabin penumpang sudah aman dan siap mendarat. Ketika pendaratan dan  penumpang bersiap – siap turun dari kabin, pramugari kembali memberikan senyum salam perpisahan dan ucapan terima kasih.

Lalu setelah itu pramugari kembali melakukan pemeriksaan kursi dan overhead bin penumpang, memastikan bahwa barang – barang pribadi tidak ada yang tertinggal dan bersiap untuk penerbangan selanjutnya.

Dari pembahasan di atas, kita dapat lebih mengetahui kode etik yang baik dan benar menjadi seorang pramugari. Pramugari tidak hanya sekedar melayani kebutuhan penumpang, tetapi juga mengutamakan keselamatan penumpang apabila hal buruk terjadi dalam pesawat pada saat itu.

Menciptakan kesan yang baik, dan mampu menciptakan kepercayaan penumpang terhadap pramugari atas maskapai tersebut dan mempertahankan kesan baik tersebut hingga pesawat mendarat dengan sempurna dan selamat. 

Saya telah di industri selama 9 tahun dan saya katakan pergi untuk itu! Kebanyakan orang menganggap terbang menjadi cara paling aman, paling nyaman dan tercepat untuk bepergian. Dengan demikian, telah ada permintaan yang lebih tinggi dari tenaga kerja di industri penerbangan. Sekarang, jika Anda adalah lulusan segar dan tidak mempertimbangkan bergabung dengan lapangan sebelumnya, itu tidak terlalu terlambat untuk mengubah pikiran Anda. Ada kursus pramugari pelatihan jika Anda ingin berada di depan kelas Anda ketika Anda mendapatkan disewa oleh maskapai penerbangan atau Anda dapat melakukan apa yang saya lakukan. Aku diterapkan dan masuk! Saya dipersenjatai dengan keyakinan, menawan senyum dan perintah yang baik dari bahasa Inggris. Jangan lupa postur yang baik dan tinggi cukup dapat diterima.
Saya dapat mengatakan bahwa penerbangan karir petugas saya merasa lebih seperti liburan daripada pekerjaan. Berikut adalah lebih banyak alasan mengapa Anda harus memilih untuk menjadi seorang pramugari.
BELONG TO KELUARGA bergengsi. Apakah Anda pernah menatap awak kabin sebelum mereka memulai pesawat? Anda tidak dapat membantu tapi putar kepala dan melihat. Kenapa? Anda ingin tahu apakah mereka cukup atau lucu, kan? Anda mengharapkan mereka untuk menjadi. Mereka harus secara fisik menyenangkan karena Anda akan melihat mereka untuk sebagian besar dari penerbangan Anda. Para allots penerbangan sebagian besar dari anggaran untuk melakukan wawancara, memilih calon potensial, kemudian, kereta api dan memelihara mereka sebagai pramugari. Selama proses wawancara, terutama mereka yang dipilih untuk penampilan mereka, tinggi dan berat badan. Sekunder adalah keterampilan komunikasi mereka. Ketiga adalah etika kerja mereka. Jika Anda melewatkan tiga kriteria, Anda akan diasah untuk memancarkan keanggunan dan kasih karunia sebagai diproyeksikan oleh gambar maskapai penerbangan ‘. Anda bisa mewakili perusahaan dan memiliki tanggung jawab untuk membuat kesan yang baik. Anda bisa diperiksa setiap kali Anda mengenakan seragam Anda, jadi tersenyum dan bangga.
Kemungkinan SELALU MENJADI SLIM. Anda mungkin telah melihat pramugari beberapa kelebihan berat badan tapi saya jamin, sebagian besar dari kita memiliki berat badan yang ideal. Untuk tugas jam 14, kita bisa berdiri selama 3 jam, berjalan dan berbicara selama 9-10 jam dan duduk selama satu jam atau dua tergantung pada beban penumpang. Anda hanya bisa membayangkan beban kerja dan tekanan fisik kita menaruh melalui. Ini seperti latihan jam 13 di gym!
MENJADI pertolongan pertama. Saya yakin Anda memiliki darurat berpengalaman sebelum, dari mimisan sederhana untuk serangan jantung. Apa yang Anda lakukan? Apakah Anda meminta bantuan? Apakah Anda memberikan bantuan? Atau pingsan? Jangan malu jika Anda tidak tahu apa yang harus dilakukan. Memberikan pertolongan pertama bisa dipelajari. Salah satu bab akan dikhususkan untuk mengajarkan Anda bagaimana untuk menyelamatkan kehidupan seseorang dalam karir Anda sebagai seorang pramugari. Ini akan sangat berguna, tidak hanya ketika Anda berada di tempat kerja, tetapi setiap hari dalam hidup Anda.
TIDAK perenang? Bahkan jika Anda menerapkan di salah satu maskapai penerbangan Timur Tengah di mana tidak ada badan terlalu banyak air sekitar daerah tersebut, masih suatu keharusan untuk mengetahui bagaimana untuk bertahan hidup di air terbuka. Dalam kasus parit pesawat Anda, mudah-mudahan tidak, Anda dapat menyelamatkan diri dan penumpang Anda. Sekali lagi, keterampilan ini akan berguna tidak hanya dalam karir profesional Anda sebagai seorang pramugari, tetapi juga ketika Anda berada dalam liburan Hawaii Anda.
Membiasakan dengan BANDARA. Jadi mana Anda pergi setelah Anda check-in? Tidak tahu. Meminta staf tanah yang memeriksa Anda masuk mana Anda pergi setelah imigrasi? Sekali lagi, Anda tidak tahu. Tanyakan petugas imigrasi. Anda tidak tahu mana pintu Anda harus pergi. Mintalah salah satu seragam mengenakan lewat. Great! Anda menemukannya. Jadi akhirnya, Anda menetap dengan gerbang yang tepat sebelum boarding dimulai dan dengan masih tenang calmest untuk pergi ke penerbangan Anda. Untuk mencapai hal ini pengalaman yang halus, direkomendasikan bahwa Anda harus check-in 4 jam sebelum penerbangan internasional dan 3 jam jika Anda terbang domestik. Tapi, sebagai seseorang yang akrab dengan seluk-beluk bandara, saya bisa check in 2 jam sebelum penerbangan internasional saya dan satu jam dan setengah jika aku akan dalam negeri. Atau, Anda bisa menjadi frequent flyer yang bepergian sesering lalat pramugari.
SUNRISE DAN SUNSET DI ATAS TINGKAT 36.000 FT GROUND. Saya yakin bahwa Anda telah kagum ketika matahari terbit atau set di pantai atau puncak gunung. Tapi apakah Anda pernah melihat cakrawala ketika Anda berada di 36.000 ft tinggi? Ini membuat Anda berpikir bahwa hidup ini indah dan bahwa Anda diberkati untuk menjadi hidup.
TIDAK AKAN PERNAH MEMBAYAR UNTUK BAGASI KELEBIHAN. Ini hanya rahasia kecil kami, tetapi jika Anda seorang pramugari Anda mendapatkan hak istimewa ini. Ia membayar untuk memiliki senyum manis, wajah menyesal dan lencana yang menunjukkan Anda adalah seorang pramugari.
BELAJAR SERVICE FIRST CLASS. Jika Anda terlibat dalam industri jasa, membayar untuk mengetahui bagaimana menangani pelanggan Anda dengan cara terbaik. Anda menunjukkan profesionalisme dan integritas dalam apa yang Anda lakukan. Akibatnya, Anda meningkatkan citra perusahaan yang membuat Anda aset dan Anda dewasa sebagai penyedia layanan.


Minggu, 17 November 2013

E-Cash

 Dikembangkan oleh perusahan pertama Ecash yaitu Digicash
Holland dan United States
Pendiri David chaum
Memberikan pembayaran cash aman untuk internet
Karena anonymously nomer seri uang yang digunakan konsumen hingga tidak diketahui oleh bank
Bahkan kolusi antara bank dan merchant akan mengalami kegagalan bila berusaha mengecek nomer seri uang tersebut
Ecash model

Penggunaan Ecash pada web
 Transfering Ecash

CAFÉ
Project Ecash berlanjut, salah satunya adalah CAFÉ
CAFÉ atau Conditional Access for Europe
Project ini dibangun oleh European Communitys ESPRIT program
Protokol CAFE berawal dari pemikiran pembayaran electronic yang tidak dapat dilacak oleh David Chaum . 
 Arsitektur CAFÉ
 —* Arsitektur mirip dengan pembayaran electronic yang lain
Terdapat 3 aktor dalam protokol CAFÉ
Payer / Customer, Payee / Merchant, Bank. 

Device CAFÉ 
* —Smart Card
* —Wallet CAFÉ
Two button wallet
Full wallet

Full CAFÉ wallet

Sumber : 
4. etwork.truindonesia.co.id
5. zakki.dosen.narotama.ac.id/files

Senin, 04 November 2013

Pemanfaatan Telematika

Teknologi komunikasi dan informasi atau teknologi telematika (information and communication technology –ICT) telah diakui dunia sebagai salah satu sarana dan prasarana utama untuk mengatasi masalah-masalah dunia. Teknologi telematika dikenal sebagai konvergensi dari teknologi komunikasi (communication), pengolahan (computing) dan informasi (information) yang diseminasikan mempergunakan sarana multimedia. Masalah di Indonesia yang paling utama adalah bagaimana memecahkan masalah kesenjangan digital yang masih sangat besar dengan menumbuh-kembangkan inovasi atau teknopreneur industri telematika. Technopreneurship atau wirausaha teknologi merupakan proses dan pembentukan usaha baru yang melibatkan teknologi sebagai basisnya, dengan harapan bahwa penciptaan strategi dan inovasi yang tepat kelak bisa menempatkan teknologi sebagai salah satu faktor untuk pengembangan ekonomi nasional.

Pada dasarnya perkembangan teknologi yang sedang berlangsung pada masa ini selalu berhubungan dengan informasi yang terus berjalan setiap saat. Perkembangan yang terjadi di tahun tahun ini sangat cepat dan informasi yang kita dapatkan pun berangsur berubah tiap perkembangannya. Oleh sebab itu, proses mengolah informasi yang ada tidak bisa dibiarkan dalam status yang lambat. Penghambatan alur informasi akan menghadang lajur perkembangan tekhnologi yang berjalan dengan cepat.

Berkembangnnya tekhnologi informasi dari masa kemasa selalu berhubungan dengan sistem komunikasinya sebagai jembatan penghubung agar informasi yang ada bisa diolah menjadi sumber yang dapat diolah lebih luas lagi. Status penghubung ini tidak dapat digantikan dengan hal hal lain, karena ini merupakan hal utama dalam terhubungnnya dan berfungsinya sebuah tekhnologi informasi.

Dalam informasi yang dikirimkan dengan peranngkat bantu komputer, proses pengolahan data akan semakin cepat dan informasi yang didapatkan akan menjadi lebih bermanfaat. Penggunaan aspek telematika sangat berpengaruh dibidang industri yang berhubungan dengan penggunaan komputer. Dalam industri tersebut tidak disarankan menggunakan pengolahan informasi yang lambat dalam prosesnya,karena dapat menghambat segala jenis aktifitas didalam kegiatan perindustrian tersebut.

dalam kesempatan kali ini saya membahas tentang perkembangan teknologi telematika dalam bidang pendidikan. karena dalam bidang pendidikan, informasi yang berjalan tidak boleh berhenti ataupun terhambat oleh hal hal seperti ini. penggunaan telematika dalam bidang pendidikan mempercepat proses informasi yang diperlukan.

2. Materi

Telematika adalah singkatan dari Telekomunikasi dan Informatika. Istilah telematika sering dipakai untuk beberapa macam bidang, sebagai contoh adalah :

a. Integrasi antara sistem telekomunikasi dan informatika yang dikenal sebagai Teknologi Komunikasi dan Informatika atau ICT (Information and Communications Technology). Secara lebih spesifik, ICT merupakan ilmu yang berkaitan dengan pengiriman, penerimaan dan penyimpanan informasi dengan menggunakan peralatan telekomunikasi.
[read more]
b. Secara umum, istilah telematika dipakai juga untuk teknologi Sistem Navigasi/Penempatan Global atau GPS (Global Positioning System) sebagai bagian integral dari komputer dan teknologi komunikasi berpindah (mobile communication technology). Secara lebih spesifik, istilah telematika dipakai untuk bidang kendaraan dan lalulintas (road vehicles dan vehicle telematics).

Jadi telematika itu sendiri dapat diartikan sebagai sistem jaringan komunikasi jarak jauh dengan teknologi informasi yang lebih mengacu kepada industri yang berhubungan dengan penggunakan komputer dalam sistem telekomunikasi. Salah satu contoh telematika yaitu internet.
Istilah telematika juga sering dipakai untuk beberapa macam bidang, seperti :

·         Integrasi antara sistem telekomunikasi dan informatika yang dikenal sebagai Teknologi Komunikasi dan Informatika atau ICT (Information and Communications Technology). Secara lebih spesifik, ICT merupakan ilmu yang berkaitan dengan pengiriman, penerimaan dan penyimpanan informasi dengan menggunakan peralatan telekomunikasi.
·         Secara umum, istilah telematika dipakai juga untuk teknologi Sistem Navigasi/Penempatan Global atau GPS (Global Positioning System) sebagai bagian integral dari komputer dan teknologi komunikasi berpindah (mobile communication technology).
·         Secara lebih spesifik, istilah telematika dipakai untuk bidang kendaraan dan lalulintas (road vehicles dan vehicle telematics).

3.pembahasan


Perkembangan yang terjadi pada teknlogi telematika tidak terlepas dari sumber daya manusia yang telah berkembang dan berani melakukan banyak perubahan. Pada dasarnya penggunaan internet yang selalu dijalankan membuat terjadinya proses telematika ini terjadi sangat baik. Telematika yang sekarang digunakan dalam banyak bidang tentunya berjalan dengan tujuan dan kepentingan masing masing. Berikut merupakan contoh penggunaan telematika di bidang pendidikan, karena pendidikan tidak pernah lepas dari fungsional telematika itu sendiri.  

Pemanfaatan Telematika di Bidang Pendidikan.
Menurut Miarso (2004) terdapat sejumlah pilihan alternatif pemanfaatan di bidang pendidikan, yaitu
Perpustakaan Elektronik.
Perpustakaan yang biasanya arsip-arsip buku dengan di Bantu dengan teknologi informasi dan internet dapat dengan mudah mengubah konsep perpustakaan yang pasif menjadi agresif dalam berinteraksi dengan penggunanya. Homepage dari The Library of Congress merupakan salah satu perpustakaan yang terbesar di dunia. Saat ini sebagian informasi yang ada di perpustakaan itu dapat di akses melalui internet.


Surat Elektronik (email).
Dengan aplikasi sederhana seperti email maka seorang dosen, pengelola, orang tua dan mahasiswa dapat dengan mudah berhubungan. Dalam kegiatan di luar kampus mahasiswa yang menghadapi kesulitan dapat bertanya lewat email.
Ensiklopedia
Sebagian perusahan yang menjajakan ensiklopedia saat ini telah mulai bereksperimen menggunakan CD ROM untuk menampung ensiklopedia sehingga diharapkan ensiklopedia di masa mendatang tidak hanya berisi tulisan dan gambar saja, tapi juga video, audio, tulisan dan gambar, dan bahkan gerakan. Dan data informasi yang terkandung dalam ensklopedia juga telah mulai tersedia di internet. Sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan maka data dan informasi yang terkandung dalam ensiklopedi elektronik dapat diperbaharui.

Arsitektur/bagan penggunaan telematika pada pendidikan




Dari gambar tersebut menjelaskan mengenai hubungan orang-orang, murid atau guru dalam mencari informasi dalam sekolah baik mengenai data siswa,guru maupun sekolah itu sendiri. Pengunjung dapat dengan mudah mendapatkan informasi tanpa perlu ke sekolah tersebut.

Proses tersebut didukung dengan internet yang merupakan aspek penting dalam telematika. Karena informasi yang didapat dan juga dicari selalu bisa diambil dalam proses yang mudah. Oleh sebab itu penggunaan yang baik memicu penciptaaan sumber daya manusia yang berkualitas didalam aspek pendidikan.

Teknologi dalam telematika pada dasarnya salangatlah banyak yang digunakan dalam segala aspek keperluan manusia. Pada kesempatan kali ini saya lebih banyak membahas dalam penggunaan telematika di aspek pendidikan. Informasi dalam pendidikan selalu bertambah setiap waktunya. Oleh karena itu saya mengangkat pembahasan iitu kali ini.


Referensi :


Minggu, 12 Mei 2013

LAPORAN

Laporan adalah keterangan atau informasi yang dikumpulkan, diolah, dan disajikan secara tertulis. Bentuk dari laporan yang dihasilkan oleh sistem informasi, yang paling banyak digunakan adalah dalam bentuk tabel dan berbentuk grafik atau bagan.

1. Laporan Untuk Level Manajemen Yang Berbeda
  • Laporan Berhirarki
Laporan yang dibuat untuk masing-masing level manajemen untuk menerima informasi sesuai dengan permintaan khusus, tanpa memberikan detail yang tidak relevan. Para eksekutif akan melihat trend, kecenderungan, dan pola-pola dari laporan tersebut. Mereka ingin mengetahui apakah masing-masing bagian sudah mencapai tujuan. Ada dua macam laporan berhirarki :

  • Filter Report :
Laporan yang dirancang untuk memfilter elemenelemen data yang dipilih dari database, sehingga pengambil keputusan akan memperoleh laporan yang sesuai dengan kebutuhannya. Biasanya data difilter pada level atas.
  • Responsibility Report :
Laporan yang dibuat untuk memutuskan siapa yang bertanggungjawab terhadap suatu laporan, apakah CEO, manajer pemasaran, atau spesialis media, dll.


2. Laporan Yang Membandingkan Data
Laporan ini dibuat untuk membantu manajer dan user lain dalam memilih dua atau lebih item untuk menyusun kesamaan atau ketidaksamaan (perbedaan). Dengan perbandingan ini, user berada pada posisi terbaik untuk membuat keputusan yang rasional. Ada tiga macam laporan yang membandingkan data :

  • Horizontal Report
Neraca dan laporan rugi laba menunjukkan laporan keuangan periodik yang meringkas ribuan transaksi dan elemen data menjadi output untuk beragam user. User akan memperoleh gambaran yang jelas dengan melihat perbandingan pada laporan. Hal ini dapat dilakukan dengan merancang horizontal report. Jumlah setiap item dibandingkan dengan item yang berhubungan pada satu atau lebih laporan sebelumnya.

  • Vertical Report
Laporan yang membandingkan suatu bagian komponen dengan totalnya.

  • Counterbalance Report
Setiap situasi dibandingkan dalam laporan. Contohnya, skenario yang terburuk, layak, dan terbaik dapat membantu para perencana menilai proyek-proyek yang berisiko, juga informasi berharga bagi para eksekutif dalam pengambilan keputusan.



3. Laporan Untuk Monitor Variansi Data

  • Variance Report
Laporan yang dibuat untuk membandingkan standard dengan hasil aktual yang diperoleh. Biasanya laporan ini dibuat sesuai dengan waktu atau selesainya suatu proses.

  • Exception Report
Laporan ini seperti variance report, tetapi beberapa kuota atau batasan dibuat untuk suatu proses atau aktivitas. Laporan ini dibuat hanya ketika beberapa proses atau aktivitas tidak sesuai dengan batasan atau kuota.

Apakah manfaat dari laporan? Bagaimana kaitan antara laporan dengan pegawai administrasi ? Penyusunan laporan untuk pimpinan merupakan bagian dari tugas pegawai administrasi, baik yang bersifat rutin maupun instruksional (perintah atasan). Hal ini dilakukan karena pada hakikatnya tugas mereka adalah meringankan beban pimpinan, dan karena beban tugas pimpinan begitu banyak dan harus diselesaikan maka pegawai harus menyusun laporan untuk pimpinan. Oleh karena itu, penting bagi pegawai administrasi untuk mengetahui dan memahami hal-hal yang berkaitan dengan laporan.
Laporan merupakan bentuk komunikasi yang dapat dilakukan secara tertulis atau lisan mengenai sesuatu hal tertentu sesuai dengan tujuan penulisannya. Uraian berikut akan lebih ditekankan pada pembahasan hal-hal yang berkaitan dengan laporan tertulis. Laporan inilah yang secara resmi dijadikan sebagai sumber informasi, alat pertanggungjawaban, dan alat pengambilan keputusan dalam kehidupan organisasi.
Sebelum laporan disajikan secara lisan, laporan terlebih dahulu disusun dalam bentuk tertulis secara sistematis sehingga mudah dipahami. Dari segi bentuk tertulis, laporan terbagi menjadi seperti berikut.
1. Laporan berbentuk formulir atau matriks, yaitu laporan yang tinggal mengisi pada blangko yang disediakan.
2. Laporan berbentuk memorandum atau nota, yaitu laporan yang diuraikan secara singkat. Laporan ini dibuat dalam rangka proses hubungan kerja antara atasan dan bawahan atau antar-unsur-unsur dalam suatu instansi.
3. Laporan berbentuk surat, yaitu laporan yang diuraikan lebih panjang dari memorandum sebagaimana uraian dalam bentuk surat biasa. Jenis laporan ini dapat dipergunakan untuk bermacam-macam topik.
4. Laporan berbentuk naskah, yaitu laporan yang panjang, biasanya disusun seperti makalah. Materi laporan dibagi menjadi beberapa topik dan subtopik.
5. Laporan berbentuk buku, yaitu laporan yang disusun dalam bentuk buku.
Agar suatu laporan dapat berfungsi sebagaimana mestinya, dalam proses penyusunan laporan, selain harus memperhatikan berbagai prinsip dan syarat dalam penyusunan laporan, juga harus memperhatikan tata caranya. Pada intinya, tata cara penyusunan laporan dimulai dari tahap persiapan yang mencakup penentuan kerangka permasalahan, tujuan penulisan laporan, dan proses pengumpulan data, kemudian membuat kerangka laporan , dan diakhiri dengan tahap penulisan laporan itu sendiri.
1.Tahap Persiapan
Pada tahap awal ini harus terjawab beberapa pertanyaan penting seperti hal apa yang akan dilaporkan ? Mengapa hal itu harus dilaporkan ? Kapan laporan akan disampaiakan ? Data apa yang penting, baik sebagai data utama maupun data pendukung ? Dengan terjawabnya beberapa pertanyaan ini, maka akan dapat dirumuskan secara jelas latar belakang dan masalah laporan, tujuan laporan, target waktu laporan, data yang relevanuntuk disajikan, dan sumber-sumber data.
2. Pengumpulan dan Penyajian Data
Setelah itu, langkah berikutnya adalah merencanakan pengumpulan dan penyajian data. Dalam proses pengumpulan harus selalu mengacu pada permasalahan dan tujuan yang telah ditetapkan. Data yang diperoleh dari berbagai sumber, baik sumber primer maupun sumber sekunder. Setelah dikumpulkan, kemudian data itu dikelompokkan, data mana yang menjadi bahan utama dan data pendukung atau penunjang.
dan penyajian data
3. Sistematika Laporan
Tahap berikutnya adalah menentukan bagian-bagian utama laporan atau lazim disebut sistematika laporan, kemudian sub-sub bagian laporan yang nantinya akan dijabarkan lebih lanjut dalam kalimat-kalimat.
4. Penulisan Laporan
Pada tahap penulisan laporan harus mengacu pada sistematika yang telah ditetapkan sehingga laporan tersebut dapat tersaji secara runtut, mudah dipahami, dan enak dibaca.

METODE ILMIAH

Metode ilmiah atau proses ilmiah merupakan proses keilmuan untuk memperoleh pengetahuan secara sistematis berdasarkan bukti fisis. 

Tujuan Mempelajari Metode Ilmiah
1. Untuk meningkatkan keterampilan, baik dalam menulis, menyusun, mengambil kesimpulan maupun dalam menerapkan prinsip-prinsip yang ada.

2. Untuk mengorganisasikan fakta

3. Merupakan suatu pengejaran terhadap kebenaran yang diatur oleh pertimbangan-pertimbangan logis.

4. Untuk mencari ilmu pengetahuan yang dimulai dari penentuan masalah, pengumpulan data yang relevan, analisis data dan interpretasi temuan, diakhiri dengan penarikan kesimpulan.

5. Mendapatkan pengetahuan ilmiah (yang rasional, yang teruji) sehingga merupakan pengetahuan yang dapat diandalkan. 

Format laporan ilmiah
Ada berbagai macam format penulisan .Namun perbedaan di antara format format yang ada jangan terlalu dipermasalahkan. Hal yang perlu diperhatikan adalah:
  1. Pembaca dapat memahami dengan jelas bahwa penelitian telah dilakukan tujuan dan hasilnya.
  2. Langkah – langkah medannya jelas , agar jika pembaca tertarik dapat mengulang kembali.
Pada dasarnya ada dua bentuk sistematika penulisan ilmiah ,Yaitu penulisan proposal penelitian dan laporan hasil penelitian . Pada umumnya sistematika penulisan proposal penelitian danpenulisan laporan penelitian sebagai berikut :
Bagian awal
  1. halaman judul
  2. Halamn persetujuan dan pengesahan (pada laporan penelitian ,sebelum halaman kata pengantar dicantumkan intisari /abstrak)
  3. Halamn kata pengantar atau prakata
  4. Daftar isi
  5. Daftar tabel (jika ada)
  6. Daftar gambar (jika ada)
  7. Daftar lampiran (jika ada)
Bagian Utama
BAB I PENDAHULUAN
  1. Latar Belakang Masalah
  2. Rumusan masalah
  3. Tujuan penelitian
  4. Ruang lingkup
  5. Manfaat penelitian
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
  1. Landasan teori/ tinjauan teoretis
  2. Kerangak teori
  3. Kerangka konsep
  4. Hipotesis atau pertamyaan penelitian (jika ada hipotesis)
BAB III METODE PENELITIAN ATAU CARA PENELITIAN
  • Jenis penelitian
  • Populasi sample (untuk penelitian disertai unit penelitian )
  • Variabel penelitian (untuk penelitian laboratorium / eksperimental, sebelum variabel penelitian dicantumkan bahan dan alat)
  • Definisi operasioanal variabel atau istilah –istilah lain yang digunakan untuk memberi batasan operasional agar jelas yang dimahsud dalam penelitian itu.
  • Desain / rancangan penelitian ( tidak harus , kecuali pada penelitian eksperimental)
  • Lokasi dan waktu penelitian
  • Teknik pengumplan data.
  • Instrumen penelitian yang digunakan
  • Pengolahan dan Analisis data
Khusus laporan penelitian dilanjutkan dengan bab IV -VI berikut ini :
BAB IV – HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
BAB V – KESIMPULAN DAN SARAN
BAB VI – RINGKASAN
Bagian Akhir
1. Daftar pustaka
2. Lampiran – lampiran;
  • Instrumen penelitian
  • Berbagai data sekunder yang diperlukan
  • Anggaran penelitian
  • Jadwal penelitian 
  • (Sumber : http://ilmucerdas.wordpress.com/profil/cara-penulisan-laporan-ilmiah/ )
  • (sumber : http://echyaya.blogspot.com/2011/03/metode-ilmiah.html)