Banyak sekali berbagai macam profesi dan jenis pekerjaan. Setiap jenis pekerjaan tentu memiliki suatu aturan yang berbeda antara satu dengan yang lain. Sekarang ini, saya ingin mengupas sedikit mengenai profesi pekerjaan sebagai seorang pramugari dan akan membahasa bangaimana kode etik profesi seorang pramugari.
Pengertian dari pramugari itu sendiri adalah seorang staf atau karyawan perusahaan penganngkutan umum baik udara, laut, dan darat yang bertugas untuk melayani para penumpang. Walaupun pada awalnya dalam bahasa Indonesia, istilah pramugari ini diperuntukan untuk semua jenis pengangkutan umum, baik pesawat udara, kereta api, dan kapal laut, tetapi kemudian istilah ini mengalami penyempitan makna sehingga istilah pramugari disepadankan hanya untuk staf perusahaan penerbangan saja. Pramugari adalah sebutan untuk staf perempuan dan pramugara adalah sebutan untuk staf laki – laki.
Pramugari yang bekerja pada bidang hal pelayanan jasa. Menjadi seorang pramugari yang bertugas memberikan pelayanan jasa penerbangan kepada para penumpang tentunya harus dapat menciptakan kesan awal dan kesan akhir yang baik terhadap maskapai tempat dimana pramugari tersebut bernaung. Pramugari yang bekerja pada bidang hal pelayanan jasa, tentunya memiliki kode etik yang hampir sama dengan kode etik pelayanan jasa lainnya. Untuk lebih jelas, mari kita bahas bersama – sama.
1. Teliti
Sebelum penerbangan, pramugari memeriksa peralatan seperti alat pemadam kebakaran, pertolongan pertama dan tabung oksigen. Pramugari harus memastikan bahwa peralatan tersebut lengkap adanya disetiap kursi penumpang. Selain itu, pramugari akan memeriksa persediaan makanan dan minuman sebelum lepas landas.
2. Ramah
Dalam kondisi hati yang tidak baik sekalipun, pramugari harus tetap bersikap ramah kepada para penumpang pesawat. Senyum, sapa dan salam merupakan hal wajib bagi pramugari. Ketika menyambuat para penumpang masuk kedalam pesawat, pramugari menyambut dengan sikap ramah dengan senyum manis. Karena pramugari – pramugari ini wajib menciptakan kesan pertama yang baik, kesan pertama merupakan hal yang penting.
3. Sabar dan tegas.
Pramugari harus memiliki kesabaran yang tinggi dalam menghadapi berbagai macam latar belakang sifat dan pribadi penumpang yang berbeda – beda. Seringkali ditemukan penumpang yang masih saja belum memasang sabuk pengaman atau masih mengaktifkan dan mengoperasikan telepon genggamnya, padahal pesawat sudah siap untuk take off. Disinilah kesabaran dan ketegasan menjadi seorang pramugari harus ditunjukkan, dengan sabar dan tegas pramugari haruslah menegur penumpang tersebut. Dan dalam menegurnyapun pramugari harus tetap bersikap sopan dan santun.
4. Bekerjasama
Pekerjaan akan terasa lebih mudah bila dilakukan besama – sama. Salah satu hal tersulit adalah pada saat boarding. Pada saat itu penumpang secara bersamaan melakukan boarding barang – barang ke overhead bin pesawat. Walaupun proses boarding dapat dilakukan oleh penumpang itu sendiri. Tetapi akan lebih pramugari membantu penumpang memasukkan barang di bagasi dan membantu kebutuhan khusus seperti anak-anak atau para manula.
5. Koordinasi yang baik
Pramugari merupakan mata dan telingan bagi pilot. Karena pilot tidak dapat mengecek bagaimana situasi dan keadaan di area penumpang. Koordinasi dan komunikasi yang baik harus tercipta dengan baik antar awak pesawat. Contoh kecil namun fatal adalah misalkan ada penumpang yang masih berada di toilet padahal pesawat sudah bersiap – siap untuk take off, pilot tentu saja tidak akan tahu bahwa ada satu pesawatnya yang belum berada dikursi penumpangnya. Pramugari segera mengabari pilot bahwa masih ada satu penumpang yang di toilet sehingga pilot dapat menghentikan pesawat.
6. Memperhatikan kenyamanan penumpang
Selama penerbangan, pramugari menawarkan minuman dan makanan ringan kepada penumpang. Pramugari akan melihat kenyamanan penumpang termasuk menjawab pertanyaan, membagikan headphone dalam penerbangan dan menawarkan selimut atau bantal. Dalam keadaan darurat, seorang pramugari akan mengarahkan penumpang dan mengelola pertolongan pertama yang diperlukan.
7. Memastikan keselamatan penumpang
Berada di ketinggian yang tidak biasa, membuat sebagian penumpang merasa pusing bahkan mual. Pramugari membantu dengan memberikan obat kepada penumpang. Selain itu, bila kondisi pesawat tiba – tiba dalam keadaan yang kurang bagus, seperti turbulance, pendaratan darurat pramugari tidak boleh terlihat panik dan wajib menenangkan para penumpangnya. Pramugari wajib mendahulukan keselamatan para penumpang apabila pesawat dalam keadaan emergency.
8. Salam dan terima kasih
Ketika pesawat bersiap landing, pramugari kembali memastikan semua penumpang dalam keadaan memakai sabuk pengamannya. Dan kembali koordinasi dengan pilot bahwa kabin penumpang sudah aman dan siap mendarat. Ketika pendaratan dan penumpang bersiap – siap turun dari kabin, pramugari kembali memberikan senyum salam perpisahan dan ucapan terima kasih.
Lalu setelah itu pramugari kembali melakukan pemeriksaan kursi dan overhead bin penumpang, memastikan bahwa barang – barang pribadi tidak ada yang tertinggal dan bersiap untuk penerbangan selanjutnya.
Dari pembahasan di atas, kita dapat lebih mengetahui kode etik yang baik dan benar menjadi seorang pramugari. Pramugari tidak hanya sekedar melayani kebutuhan penumpang, tetapi juga mengutamakan keselamatan penumpang apabila hal buruk terjadi dalam pesawat pada saat itu.
Menciptakan kesan yang baik, dan mampu menciptakan kepercayaan penumpang terhadap pramugari atas maskapai tersebut dan mempertahankan kesan baik tersebut hingga pesawat mendarat dengan sempurna dan selamat.
Saya telah di industri selama 9 tahun dan saya katakan pergi untuk itu! Kebanyakan orang menganggap terbang menjadi cara paling aman, paling nyaman dan tercepat untuk bepergian. Dengan demikian, telah ada permintaan yang lebih tinggi dari tenaga kerja di industri penerbangan. Sekarang, jika Anda adalah lulusan segar dan tidak mempertimbangkan bergabung dengan lapangan sebelumnya, itu tidak terlalu terlambat untuk mengubah pikiran Anda. Ada kursus pramugari pelatihan jika Anda ingin berada di depan kelas Anda ketika Anda mendapatkan disewa oleh maskapai penerbangan atau Anda dapat melakukan apa yang saya lakukan. Aku diterapkan dan masuk! Saya dipersenjatai dengan keyakinan, menawan senyum dan perintah yang baik dari bahasa Inggris. Jangan lupa postur yang baik dan tinggi cukup dapat diterima.
Saya dapat mengatakan bahwa penerbangan karir petugas saya merasa lebih seperti liburan daripada pekerjaan. Berikut adalah lebih banyak alasan mengapa Anda harus memilih untuk menjadi seorang pramugari.
BELONG TO KELUARGA bergengsi. Apakah Anda pernah menatap awak kabin sebelum mereka memulai pesawat? Anda tidak dapat membantu tapi putar kepala dan melihat. Kenapa? Anda ingin tahu apakah mereka cukup atau lucu, kan? Anda mengharapkan mereka untuk menjadi. Mereka harus secara fisik menyenangkan karena Anda akan melihat mereka untuk sebagian besar dari penerbangan Anda. Para allots penerbangan sebagian besar dari anggaran untuk melakukan wawancara, memilih calon potensial, kemudian, kereta api dan memelihara mereka sebagai pramugari. Selama proses wawancara, terutama mereka yang dipilih untuk penampilan mereka, tinggi dan berat badan. Sekunder adalah keterampilan komunikasi mereka. Ketiga adalah etika kerja mereka. Jika Anda melewatkan tiga kriteria, Anda akan diasah untuk memancarkan keanggunan dan kasih karunia sebagai diproyeksikan oleh gambar maskapai penerbangan ‘. Anda bisa mewakili perusahaan dan memiliki tanggung jawab untuk membuat kesan yang baik. Anda bisa diperiksa setiap kali Anda mengenakan seragam Anda, jadi tersenyum dan bangga.
Kemungkinan SELALU MENJADI SLIM. Anda mungkin telah melihat pramugari beberapa kelebihan berat badan tapi saya jamin, sebagian besar dari kita memiliki berat badan yang ideal. Untuk tugas jam 14, kita bisa berdiri selama 3 jam, berjalan dan berbicara selama 9-10 jam dan duduk selama satu jam atau dua tergantung pada beban penumpang. Anda hanya bisa membayangkan beban kerja dan tekanan fisik kita menaruh melalui. Ini seperti latihan jam 13 di gym!
MENJADI pertolongan pertama. Saya yakin Anda memiliki darurat berpengalaman sebelum, dari mimisan sederhana untuk serangan jantung. Apa yang Anda lakukan? Apakah Anda meminta bantuan? Apakah Anda memberikan bantuan? Atau pingsan? Jangan malu jika Anda tidak tahu apa yang harus dilakukan. Memberikan pertolongan pertama bisa dipelajari. Salah satu bab akan dikhususkan untuk mengajarkan Anda bagaimana untuk menyelamatkan kehidupan seseorang dalam karir Anda sebagai seorang pramugari. Ini akan sangat berguna, tidak hanya ketika Anda berada di tempat kerja, tetapi setiap hari dalam hidup Anda.
TIDAK perenang? Bahkan jika Anda menerapkan di salah satu maskapai penerbangan Timur Tengah di mana tidak ada badan terlalu banyak air sekitar daerah tersebut, masih suatu keharusan untuk mengetahui bagaimana untuk bertahan hidup di air terbuka. Dalam kasus parit pesawat Anda, mudah-mudahan tidak, Anda dapat menyelamatkan diri dan penumpang Anda. Sekali lagi, keterampilan ini akan berguna tidak hanya dalam karir profesional Anda sebagai seorang pramugari, tetapi juga ketika Anda berada dalam liburan Hawaii Anda.
Membiasakan dengan BANDARA. Jadi mana Anda pergi setelah Anda check-in? Tidak tahu. Meminta staf tanah yang memeriksa Anda masuk mana Anda pergi setelah imigrasi? Sekali lagi, Anda tidak tahu. Tanyakan petugas imigrasi. Anda tidak tahu mana pintu Anda harus pergi. Mintalah salah satu seragam mengenakan lewat. Great! Anda menemukannya. Jadi akhirnya, Anda menetap dengan gerbang yang tepat sebelum boarding dimulai dan dengan masih tenang calmest untuk pergi ke penerbangan Anda. Untuk mencapai hal ini pengalaman yang halus, direkomendasikan bahwa Anda harus check-in 4 jam sebelum penerbangan internasional dan 3 jam jika Anda terbang domestik. Tapi, sebagai seseorang yang akrab dengan seluk-beluk bandara, saya bisa check in 2 jam sebelum penerbangan internasional saya dan satu jam dan setengah jika aku akan dalam negeri. Atau, Anda bisa menjadi frequent flyer yang bepergian sesering lalat pramugari.
SUNRISE DAN SUNSET DI ATAS TINGKAT 36.000 FT GROUND. Saya yakin bahwa Anda telah kagum ketika matahari terbit atau set di pantai atau puncak gunung. Tapi apakah Anda pernah melihat cakrawala ketika Anda berada di 36.000 ft tinggi? Ini membuat Anda berpikir bahwa hidup ini indah dan bahwa Anda diberkati untuk menjadi hidup.
TIDAK AKAN PERNAH MEMBAYAR UNTUK BAGASI KELEBIHAN. Ini hanya rahasia kecil kami, tetapi jika Anda seorang pramugari Anda mendapatkan hak istimewa ini. Ia membayar untuk memiliki senyum manis, wajah menyesal dan lencana yang menunjukkan Anda adalah seorang pramugari.
BELAJAR SERVICE FIRST CLASS. Jika Anda terlibat dalam industri jasa, membayar untuk mengetahui bagaimana menangani pelanggan Anda dengan cara terbaik. Anda menunjukkan profesionalisme dan integritas dalam apa yang Anda lakukan. Akibatnya, Anda meningkatkan citra perusahaan yang membuat Anda aset dan Anda dewasa sebagai penyedia layanan.
Artikel yang saya buat ini di peroleh dari beberapa refrensi, yaitu sbb :
5. http://alasanpramugari111.wordpress.com/2012/09/23/seorang-pramugari/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar